Cari Blog Ini

12 Tips Hidup Sehat sederhana

12 Tips Hidup Sehat sederhana
Assallamu' Alaikum warahmatullahi wabarokatuh..
Salam sejahtera ,sehat sentausa .
Kehidupan Manusia adalah sebuah Anugrah sekaligus Amanah dari Tuhan yang maha esa yang wajib kita jaga dan kita pergunakan dengan sebaik mungkin.
Menjaga kesehatan Tubuh ,agar selalu bisa mengerjakan kebaikan kebaikan di muka bumi.
kesehatan bagi Manusia adalah Hal yang paling Utama ,karena jika kita sakit otomatis segalanya akan terasa berat.
Maka dari Itu ,berikut akan kami sampaikan sebuah artikel yang membahas tentang pentingnya kesehata ,dan Tips pola hidup Sehat Sederhana.
Berikut Tips Hidup Sehat dengan pola sederhana yang bisa kita terapkan dalam keseharian .
12 Tips Hidup Sehat dengan cara Sederhana
Dalam menjalani kehidupan pastinya kita tidak bisa melewatkan kebutuhan kebutuhan pokok bagi tubuh kita yaitu asupan makanan, nutrisi dan segala yang bisa menunjang kesehatan badan / tubuh kita.
Hal tersebut akan menjadi sumber sistem imunitas dalam tubuh kita sehingga secara otomatis tubuh kita akan kebal terhadap berbagai virus atau wabah penyakit.
tentunya dengan mengatur pola makan ,memiliki pola sederhana dalam mengonsumsi makanan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.
disamping hemat kita tidak akan merasa was was dengan apa yang kita konsumsi, baik dari segi kesehatan serta kehalalanya. kita bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi dan vitamin tubuh dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita seperti segala jenis sayuran yang bisa kita tanam sendiri tentunya.
Berikut 12 Tips Hidup sehat sederhana.

12 Tips sederhana untuk kesehatan;

1. Mengatur Pola Makan
Makanlah makanan yang mengandung cukup gizi dan vitamin untuk menjaga sistem imunitas tubuh kita.
Makanlah seperlunya saja ,dalam artian tidak kekenyangan .
jika Anda menyukai olahan daging sebaiknya pilihlah Daging tanpa lemak,makanan berkuah bening,dibarengi mengkonsumsi susu rendah lemak,susu kedelai,putih telur,dan ikan sebagai sumber protein yang tinggi.Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik mengkonsumsi asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. hindari mengkonsumsi jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur.

2. Hindari makanan yang memakai bahan pengawet dan pewarna
Dewasa ini hampir semua makanan mengandung pengawet apalagi makanan kemasan instan, dampak dari bahan pengawet dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.
Pilihlah makanan dan minuman yang berwarna putih . Apabila anda membuat sendiri pakailah pewarna dari bahan makanan misal warna coklat, warna tersebut dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Hindari pemakaian saus,kecap,bumbu,dan garam secara berlebihan.

3. Mengolah makanan yang baik
Sebaiknya olahlah makanan dengan cara dikukus,direbus,atau ditumis dengan sedikit minyak, karena cara pengolahan makanan juga dapat mempengaruhi mutu dan nilai gizi makanan.


4. Minumlah air putih/mineral
Minumlah minimal 8 gelas sehari, hindari minuman yang mengandung alkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi.
Jus sayuran dan buah sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh kita
5. Olah Raga secara teratur
Menjaga kebugaran badan dengan rajin berolah raga ringan.
contoh dengan joging 20 sampai 30 menit saja ,disamping tanpa mengeluarkan biaya joging juga tidak menyita waktu, hingga waktu tidak terbuang banyak.

6. Mengecek kesehatan secara rutin
Pengecekan kesehatan secara rutin adalah upaya untuk memerangi penyakit. Pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan bagi mereka yang masih sehat maupun yang telah terkena penyakit (menular maupun tidak menular). Faktanya nih, penduduk di negara berkembang pergi ke dokter saat mereka sudah terkena penyakit di stadium lanjut dibandingkan negara maju.

7. Mengkonsumsi Buah dan sayur
Mengkonsumsi buah minimal lima porsi buah dan sayur setiap hari
Jangan pernah malas mengkonsumsi buah dan sayur. Kedua jenis makanan akan memenuhi kebutuhan mikronutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga kalsium.
Selain itu, memakan buah dan sayur bisa membantumu untuk menangkal radikal bebas dari tubuh.

8. Melatih stamina fisik secara rutin
WHO menyarankan agar orang berusia 18-64 tahun beraktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu. Tak perlu berat-berat. Aktivitas seperti berkebun, berjalan kaki, dan berenang juga dihitung kegiatan fisik lho.
Tujuannya, untuk meningkatkan kebugaran serta menekan risiko penyakit tidak menular seperti kolesterol dan serangan jantung.
Yuk, mulai olahraga!

9. vaksinasi
Vaksinasi adalah salah satu cara mencegah tubuh agar tidak terkena penyakit. Vaksin mengandung 'agen' mikroorganisme yang menyerupai penyebab penyakit, biasanya berupa mikroba yang dilemahkan.
Tujuannya, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau sudah tahu manfaatnya, semestinya kegunaan vaksin gak perlu diperdebatkan.
baca juga :Pentingnya protein bagi kesehatan Tubuh Manusia
10. Tidak Menkonsumsi / berlebihan mengkonsumsi minuman beralkohol
Mengonsumsi lebih dari dua gelas wine atau sebotol bir besar per hari. Berdasarkan The Global status report on alcohol and health ; penggunaan berbahaya minuman beralkohol menyebabkan jutaan orang meninggal dunia, sebagian besar di antaranya adalah anak muda.
Padahal, minum minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terkena penurunan kesadaran, kanker, penyakit hati dan pankreas, hingga diabetes melitus.
Dan bagi Seorang Muslim Mengkonsumsi alkohola adalah Haram ,sudah jelas dilarang .

11. Mengendalikan stress demi kesehatan fisik dan mental
Kesehatan mental didefinisikan sebagai keadaan sejahtera yang memungkinkan setiap individu mengenali potensi dirinya, dapat mengatasi stress, dan produktif saat berkegiatan.
Saat kamu merasa stress, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik, mengatur waktu, istirahat, dan baca : 7 cara mengatasi Masalah Hidup

12. Menjaga kebersihan
Kebersihan sebagian dari Iman.
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Kebersihan adalah faktor penting bagj kita agar tidak rentan terkena penyakit infeksius.
Sebenarnya, caranya mudah. Contohnya, mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan, menjaga kebersihan tempat tinggal, termasuk mandi secara rutin.

Kesederhanaan dalam hidup ,entah gaya hidup atau pola makan sebenarnya memiliki berbagai khasiat bukan hanya untuk kesehatan jasmani namun tentunya kesehatan rohani, karena Kehidupan yang sederhana adalah contoh dari salah satu Manusia sempurna yaitu Nabi Muhammad SAW.
Baca Juga :Manajemen diri Seorang Muslim
Nah Demikian Tadi 12 Tips Hidup sehat Sederhana
semoga dapat bermanfaat ,mengaplikasikan dalam kehidupoan dan semoga kita selalu diberikan kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "12 Tips Hidup Sehat sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel