Cari Blog Ini

Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil Tetap Bugar dan Sehat

Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil Tetap Bugar dan Sehat.


Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat muslim di seluruh dunia.
Tidak terkecuali bagi Ibu Hamil.
Dalam Hukum fikih, Ibu Hamil termasuk salah satu yang tidak diwajibkan Puasa Ramadhan dan Sebagai gantinya, puasa harus ditukar di bulan lainnya atau diganti dengan membayar fidyah.

Artinya ibu Hamil memiliki keringanan khusus untuk tidak menjalankan puasa, namun bukan berarti sama sekali tidak melakukan ibadah ini.

Tergantung dari bagaimana kondisi kandungan dan janin dari ibu yang hamil . jika kandungan, dan janin yang dikandung sehat, maka tidak ada kelonggaran disitu, dan jika tidak berpuasa maka ibu hamil di haruskan mengqadha puasanya atau membayar fidyah.
Dari Salah satu penelitian yang dilakukan terhadap ibu hamil menunjukkan bahwa berpuasa selama bulan Ramadhan tidak memengaruhi perubahan fisik janin nantinya.
Hanya ada sedikit risiko yaitu berat badan bayi menjadi rendah saat terlahir.

Artinya apabila Ibu Hamil menjalani puasa di kehamilan trimester kedua dan trismester ketiga ,memiliki berat badan normal dan menjaga gaya hidup sehat serta mendapatkan nutrisi yang cukup, maka berpuasa ramadhan tidak akan banyak berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin.

Sering kali Ibu Hamil ,memaksakan berpuasa dibulan ramadhan ,karena banyak Hikmah dan keutamaan puasa ramadhan yang tidak ingin ditinggalkan, baca :30 Dalil keutamaan shalat tarawih dan puasa

Dengan tetap memperhatikan Kondisi fisik seorang wanita dalam menghadapi kehamilan memang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, kalori yang dibutuhkan untuk memberi asupan bagi sang buah hati adalah sama, yaitu sekitar 2200 hingga 2300 kalori perhari untuk ibu hamil.

Nah, Bagi para Ibu Hamil yang ingn menjalankan puasa ramadhan sebaiknya ikuti Tips Puasa bagi Ibu Hamil berikut ini agar tetap bugar dalam menjalani puasa dan janin tetap tumbuh sehat :

1. Tetap tenang dan hindari stres
Dari sebuah penelitan diketahui bahwa puasa bagi ibu hamil dapat merangsang hormon stres melonjak lebih tinggi, hal ini dapat beresiko terhadap kesehatan Ibu dan janinnya.

2. Jangan terlalu lelah
Kurangi kegiatan Rumah tangga yang menguras banyak energi, Hindari mengangkat beban berat atau berjalan terlalu jauh.
Jika Ibu Hamil sudah merasa lelah, maka cobalah untuk rileks dan beristirahat.
Jika Ibu hamil yang bekerja ,cobalah untuk mengajukan pengurangan jam kerja pada Kantor tempat anda kerja atau memberikan tambahan waktu istirahat selama bulan puasa ramadhan.

3. Tetap perhatikan Kondisi fisik
Seorang wanita dalam menghadapi kehamilan dan saat-saat menyusui memang berbeda-beda.
Dan pada dasarnya, kalori yang dibutuhkan Ibu yang Hamil yaitu sekitar 2200 sampai 2300 kalori perhari untuk ibu hamil

4. Memilih Makanan saat Sahur dan Buka
Pilihlah makanan saat sahur dan berbuka Hal ini akan sangat penting bagi ibu hamil.
Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat , seperti gandum utuh, sayuran, dan buah, akan membantu memenuhi nutrisi bagi Ibu Hamil yang berpuasa agar tetap bugar.
Jangan terlalu banya makanan manis karena dapat membuat kadar gula darah naik dan turun dengan cepat.
Berubahnya kadar gula darah yang terlalu cepat dapat menyebabkan lemas dan pusing apalagi saat puasa.

5. Penuhi kebutuhan protein
Protein bisa Ibu hamil temukan dari kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging yang sudah matang.
Hindari mengonsumsi makanan tinggi makanan instant dan makanan tinggi lemak.

6. Penuhi Kebutuhan Air.
Kebutuhan air minum Ibu Hamil per hari, sekitar 1,5-2 liter ,Minumlah masing-masing pada saat sahur dan berbuka. jangan minum minuman yang menyebabkan dehidrasi atau berkafein, seperti teh dan kopi.

7. Jaga kondisi Tubuh
Dalam Menjalankan ibadah puasa ,tentu dihari hari pertama akan merasakan perubahan pada kondisi tubuh ,tubuh akan merasa lemas dan sebagainya.
Untuk itu ,bagi wanita hamil ,akan sangat penting menjaga kondisi tubuh dengan asupan makanan yang dapat membantu kebugaran tubuh seperti :
asupan vitamin, konsumsi buah secara berkecukupan.

Mengkonsumsi asupan folat yang bisa didapat dari sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan, kalsium yang bisa didapat dari produk ikan-ikanan dan susu, serta zat besi yang bisa didapat banyak dari konsumsi daging-dagingan  juga sayur-sayuran.
Minum air sebanyak dua liter saat berbuka maupun sahur.
Minum minuman hangat dan tak terlalu manis.
Mengkonsumsi karbohidrat simpleks seperti terdapat pada kolak atau kurma.
Mengonsumsi segelas susu saat sahur.
baca juga :12 Tips Hidup sehat sederhana

8. Tetap Waspada.
Mewaspadai kondisi dan gejala yang mungkin bisa membahayakan janin. Jika Ibu Hamil merasakan pusing, demam, muntah, lemas, lelah, bibir kering, atau merasa sangat haus ,gejala tersebut adalah gejala jika ibu hamil mengalami dehidrasi.
Jika Ibu Hamil mengalami penurunan berat badan, merasakan pergerakan janin semakin berkurang ,serta mengalami rasa nyeri perut saat berpuasa, maka segeralah berbuka dan periksakan ke dokter.
Demikian Tips Puasa tetap segar bagi Ibu Hamil ala bhatsulmasail.com

baca juga :Hukum Mengqadha shalat dan membayar fidyah puasa
Terimakasih dan semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil Tetap Bugar dan Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel